Jumat, 16 April 2010

UP 2 BLOK 1

Sumber Informasi
Pembuatan laporan ilmiah merupakan salah satu jenis tugas yang seing diberikan kepada mahasisiwa di perguruan tinggi. Tahap paling penting dalam penyusunan sebuah laporan ilmiah adalah pencarian data yang terkait dengan topik laporan. Laporan hasil penelitian harus memuat pembahasan terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan berbagai data penelitian yang sudah ada sebelumnya. Mahasiswa dengan demikian harus mempunyai keterampilan dalam memanfaatkan berbagai sumber informasi untuk melengkapi berbagai data yang diperlukan.
Sumber utama informasi pada saat ini yang dapat menunjang pengumpulan data dengan cepat dan akurat adalah perpustakaan dan internet. betulkah demikian? Apakah sumber informasi tersebut diatas dapat digunakan sebagai sumber belajar? Apakah ada sumber informasi lain yang dapat digunakan sebagai sumber belajar?

A. Learning Objektif
1. Apakah semua sumber informasi merupakan sumber belajar?
2. Pengertian sumber informasi dan sumber belajar?
3. Apakah pengaruh sumber informasi terhadap sumber belajar?
4. Jelaskan jenis-jenis sumber informasi beserta contohnya?
5. Apakah kelebihan dan kekurangan perpustakaan dan internet?

B. Pembahasan
1. Pengertian sumber informasi dan sumber belajar
Sumber informasi adalah segala hal yang dapat digunakan oleh seseorang sehingga mengetahui tentang hal yang baru,dan mempunyai ciri-ciri yaitu,(1) dapat dilihat, dibaca dan dipelajari, (2) diteliti, dikaji dan dianalisis (3) dimanfaatkan dan dikembangkan didalam kegiatan-kegiatan pendidikan, penelitian, laboratorium, (4) ditransformasikan kepada orang lain.
Menurut beberapa pendapat, sumber belajar mempunyai arti yaitu; Sumber belajar mencakup apa saja yang dapat digunakan untuk membantu tiap orang untuk belajar dan manampilkan kompetensinya,sumber belajar meliputi, pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar .(Association for Education Communication and Technology;1994). Menurut Dirjen Dikti (1983: 12), sumber belajar adalah segala sesuatu dan dengan mana seseorang mempelajari sesuatu. Menurut Degeng (1990: 83), menyebutkan sumber belajar mencakup semua sumber yang mungkin dapat dipergunakan oleh si-belajar agar terjadi prilaku belajar. Dalam proses belajar komponen sumber belajar itu mungkin dimanfaatkan secara tunggal atau secara kombinasi, baik sumber belajar yang direncanakan maupun sumber belajar yang dimanfaatkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sumber belajar (learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.



2. Semua sumber informasi merupakan sumber belajar
Secara umum, semua sumber informasi adalah suatu sumber belajar, karena dalam sumber informasi selalu terkandung hal-hal yang dapat digunakan sebagai sumber belajar,hanya saja semua itu tergantung pada kebutuhan belajar masing-masing individu dalam memanfaatkan sumber informasi sebagai sarana untuk belajar.
3. Pengaruh sumber informasi terhadap sumber belajar
Sumber informasi mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap sumber belajar. Sumber informasi menyediakan segala hal yang berguna sebagai sarana untuk mempelajari segala sesuatu yang mungkin menjadi hal yang baru. Kelengkapan dan kebenaran suatu informasi sangat mempengaruhi hasil belajar, karena informasi merupakan sumber pokok pembelajaran, selain itu kelengkapan informasi dapat mempermudah terlaksananya proses belajar sehingga akan didapat sejumlah informasi, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan yang diharapkan.
Mengingat sangat vitalnya pengaruh sumber informasi terhadap sumber belajar, maka penyaringan informasi menjadi hal utama yang harus dilakukan, hal ini diharapkan untuk mencegah salah tempat-nya suatu sumber informasi bagi pembelajar, diakibatkan karena kebutuhan belajar tiap individu berbeda.

4. Jenis-jenis sumber informasi
a. Visual
Adalah sumber informasi yang dapat dilihat oleh indera penglihatan, dapat berbentuk tuliasan dan gambar.
Contoh : buku,journal,makalah
b. Audio
Adalah sumber informasi yang hanya dapat diperoleh melalui indera pendengaran, karena hanya berupa suara.
Contoh : Radio
c. Audiovisual
Adalah sumber informasi yang dapat diperoleh baik melalui indera penglihatan maupun pendengaran.
Contoh : televisi, pakar/ahli, HP, internet



5. Kelebihan dan kekurangan Perpustakaan dan Internet
a.1. Kelebihan Perpustakaan
- Sebagai tempat pencarian informasi/ sumber belajar yang murah dan lengkap
- Tempat yang nyaman dan kondusif untuk belajar
- Memungkinkan untuk dapat belajar dalam waktu yang lama, karena buku dapat dipinjam
- Kebanyakan buku adalah hasil tulisan/ penelitian para ilmuwan, sehingga tingkat kebenarannya tinggi
- Buku sebagai media belajar yang berupa kertas, mempunyai keuntungan yaitu praktis dan mudah dibawa
- Pemandu perpustakaan membantu kita dalam pencarian buku referensi, sehingga lebih efisien

b.1. Kekurangan Perpustakaan
- Terbatasnya jam operasional perpustakaan
- Kurang perawatan terhadap buku-buku, sehingga buku mudah rusak karena sering dipinjam
- Penataan buku-buku yang kurang teratur sehingga memerlukan waktu yang lama untuk mencari
- Stok buku terbatas, sehingga harus menunggu buku dikembalikan oleh peminjam sebelumnya
- Sumber informasi berdasarkan tingkat kebutuhan penggunanya
a.2. Kelebihan Internet
- Sumber informasi yang menjangkau seluruh dunia, cepat dan efisien
- Dapat melayani akses pertukaran data dengan cepat antar pangguna
- Informasi dalam internet up to date
- Hasil pencarian langsung terfokus pada sub pokok yang akan dipelajari/dicari
- Dapat diakses dibanyak tempat karena banyaknya tempat-tempat penyedia layanan internet
b.2. Kekurangan Internet
- Adalah sumber informasi yang relatif mahal
- Tingkat kebenaran relatif rendah karena sebagian besar adalah menurut pendapat pribadi/ artikel pribadi dan belum teruji
- Rawan terjadi penyalahgunaan (Cyber Crime) dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab sehingga dapat merusak moral manusia
- Di butuhkan keterampilan khusus untuk bisa menggunakan internet, karena tidak setiap orang dapat menggunakan internet


Referensi
Karwono. 1997. Blog at WordPress.com.31/09/2009
Wijaya. 2008. http://wijayalabs.wordpress.com/2008/09/19/belajar-pembelajaran-dan-sumber-belajar-2/. 31/09/2009
Anonoim. 2008. http://media.diknas.go.id/media/document/4275.pdf. 31/09/2009
Sadiman, Arief S. 1998. Perpustakaan Sebagai Pusat Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Anonim. 2008. http://library.usu.ac.id. 31/09/2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar